SEJAK tahun lalu, ketika kelas lima sekolah dasar, anak bungsu saya, Zak, terpilih menjadi anggota prefect. Di Indonesia, itu seperti OSIS. Namun cara pemilihannya berbeda. Jika anggota OSIS terpilih karena aktif di kegiatan sekolah, serta berprestasi baik; calon anggota prefect justru dipilih lewat usulan guru. Nama siswa yang diusulkan bukan yang terpandai atau teraktif. Melainkan siswa yang dianggap paling disukai kawan-kawannya, bisa mengayomi, serta paling bisa mengemban tanggungjawab. Zak, memang memenuhi kriteria itu.
Yang menarik adalah tugas anggota prefect. Tugas utama yang wajib dilakukan anggota prefect adalah datang ke sekolah lebih awal. Begitu sampai di sekolah, mereka akan mengasisteni murid-murid baru. Menjadi guide murid baru. Memberi bantuan apa saja pada murid-murid kelas 1.
Tugas lain, yang paling berat, kata anak saya, adalah “memaksa” murid-murid kelas apa saja untuk segera menyelesaikan makanan mereka di kantin, begitu waktu istirahat selesai. Ini yang biasa menimbulkan friksi, karena banyak kawan-kawan sekolahnya yang “mbalelo”. Tapi, demi tugas dan tanggungjawab, semua itu harus dilakukan oleh anggota prefect.
“Apakah kalian juga ngurusi kegiatan upacara?” tanya saya pada Zak. Semula ia sedikit bingung dengan “upacara”. Tapi setelah dijelaskan ibunya, dan mengerti, ia kemudian mengangguk. Tapi, upacara di sekolah di Singapura tidak digelar tiap minggu. Setahun sekali saja. Sistem di Singapura, di mana saja, memang enggan dengan acara-acara seremonial. Mubadzir waktu dan keuangan.
Sebetulnya, sistem sekolah di Indonesia dan Singapura itu tidak jauh berbeda. Nyaris plek sama. Saya menganggap sistem Singapura betul-betul ketinggalan jaman, jika dibandingkan dengan perkembangan warganya sendiri. Dengan infrastruktur, kemampuan guru, tingkat ekonomi masyarakat Singapura, kesiapan serta tingkat kecerdasan murid; sistem pendidikan Singapura seharusnya sudah bisa mengadopsi sistem pendidikan negara-negara yang sudah lama maju seperti Denmark, Swedia, Jerman, atau Amerika. Tapi, Singapura tidak melakukannya. Singapura masih suka dengan sistem tatap-muka di kelas dengan guru yang mengambil peran paling dominan. Guru-guru Singapura masih suka memberi seabrek PR pada murid-murid mereka, bahkan ketika liburan sekolah. Murid-murid Singapura masih pakai seragam serupa. Guru harus dihormati dan menempati hiraraki sangat tinggi, hingga menciptakan keenganan bagi murid untuk akrab dengan mereka, dls.
Lalu apa yang beda antara sistem Pendidikan Indonesia dan Singapura? Hingga membuat Singapura menempati peringkat 20 sebagai negara terbaik dalam urusan pendidikan?
Sebagimana gambaran pembukaan awal cerita anak saya yang anggota OSIS Singapura; tanggungjawab, kejujuran, dan peran aktif orangtua adalah hal-hal terbesar yang paling saya rasakan sebagai orangtua dua anak (satu di politeknik, satu kelas 6 SD) yang bersekolah di Singapura. Jujur dalam hal apa pun, termasuk mengerjakan tugas-tugas sekolah di rumah. Juga kerjasama sangat aktif antara guru dan orangtua pada setiap perkembangan dan kegiatan anak-anak mereka.
Selama 50 tahun terakhir, sistem pendidikan Singapura juga tidak banyak mengalami perubahan. Perubahan jelas ada, namun sekedar perbaikan sini-sana, atau penyesuaian semata. Bukan mengubah secara radikal sebagaimana ketika ada pergantian menteri pendidikan di Indonesia. Di jaman saya SMA misalnya, saya sempat mengalami sistem 5 hari sekolah, untuk kemudian kembali lagi ke enam hari. Siswa di Singapura, di mata pemerintah mereka, bukan obyek uji-coba.
Di Singapura, guru-guru juga WAJIB mengenal murid-murid mereka dengan baik, dan mendiskusikan setiap persoalan dengan orangtua murid. Saya kerap dikirimi SMS oleh guru, soal kegiatan anak-anak saya atau ketika ia punya masalah. Sesi “parent meeting” yang cukup personal, adalah salah satu cara guru dan orangtua menemukan solusi dari masalah yang dihadapi setiap murid. Guru-guru sangat sibuk mengurusi murid-muridnya, bahkan harus mengurusi muridnya ketika tidak sedang proses belajar-mengajar. Membayangkan kesibukan para guru di Singapura, saya yakin mereka tak akan bisa nyambi kerja sampingan. Hehe.
Tidak banyak yang berbeda, sebetulnya, antara sistem pendidikan di Singapura dan di Indonesia. Jadi, dari situ bisa ditarik kesimpulan, sebetulnya tidak ada masalah di sistem pendidikan kita. Yang jadi persoalan, mungkin pelaku-pelakunya. Dari menteri hingga para guru, semua punya persoalan masing-masing. Persoalan yang membuat lupa tugas utama mereka: mendidik siswa.
(*)
Foto : Ilustrasi, © Sultan Yohana